Keistimewaan Puasa Syawal

Alhamdulillah kita telah melewati Bulan Ramadhan yang penuh berkah menuju bulan syawal. Pada kesempatan ini kami ucapkan Taqabbalallaahu minna wa minkum shiyamana wa shiyamakum. Namun setelah puasa ramadhan kita dianjurkan untuk melaksanakan puasa syawal sebagaimana hadist Rasulullah :
مَنْ صَامَ رَمَضَانَ ثُمَّ أَتْبَعَهُ سِتًّا مِنْ شَوَّالٍ كَانَ كَصِيَامِ الدَّهْرِ
Barang siapa yang berpuasa Ramadhan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh.” (HR. Muslim)
Keistimewaan Puasa syawal adalah seperti dengan puasa setahun penuh.
Dari Tsauban, Rasulullah, SAW bersabda
مَنْ صَامَ سِتَّةَ أَيَّامٍ بَعْدَ الْفِطْرِ كَانَ تَمَامَ السَّنَةِ (مَنْ جَاءَ بِالْحَسَنَةِ فَلَهُ عَشْرُ أَمْثَالِهَا) »
“Barang siapa berpuasa enam hari setelah hari raya Idul Fitri, maka dia seperti berpuasa setahun penuh. [Barang siapa berbuat satu kebaikan, maka baginya sepuluh kebaikan semisal].” (HR. Ibnu Majah dan dishohihkan oleh Syaikh Al Albani dalam Irwa’ul Gholil) 
mungkin teman-teman bertanya gimana caranya puasa enam hari dianggap sebagai puasa setahun penuh?. Dari hadist diatas maka kita dapat menghitungnya secara matematis. Satu kebaikan akan dibalas dengan sepuluh kebaikan. Pada bulan Ramadhan kita berpuasa sebulan penuh, maka kalau dikalikan sepuluh maka hasilnya sama dengan 10 bulan. Lalu kita lanjutkan puasa syawal 6 hari kalau dikalikan 10 maka hasilnya 60 hari atau sama dengan 2 bulan. Jadi Puasa ramadhan ditambah puasa Syawal sama dengan 12 bulan alias 1 Tahun.
Melihat keistemewaan Puasa Syawal yang diberikan Allah SWT pada kita maka sebaiknya kita semua memanfaatkan kesempatan tersebut.

12 komentar:

  1. bukan cuma berbicara tentang pahala tetapu puasa tersebut dapat menghindarkan kita dari berbagai macam penyakit...

    BalasHapus
  2. seseorang yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka ia akan mendapatkan puasa seperti setahun penuh.

    BalasHapus
  3. Benar juga bro... Benar2 keren manfaat puasa. ^^ Semua ibadah untukNya pasti memiliki hikmah di dalamnya. :D

    BalasHapus
  4. tidak ada sesuatu yang tak bermanfaat akan apa yang dia perintahkan . .

    BalasHapus
  5. Salam ukwuah dan sukses selalu kawan,,keep dakwah
    sukses dengan amal agama

    BalasHapus
  6. Excellent post. I am experiencіng ѕome оf these issues aѕ well.
    .

    Herе is my web blog - wedding reception ideas mn

    BalasHapus
  7. puasa akan segera datang kembali gan

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti