Bergaul dengan Baik Syarat Masuk Surga

Dalam sebuah hadist Rasulullah SAW bersabda “ Tidak beriman salah seorang diantara kamu hingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri” (Hadist Riwayat Bukhari Muslim ).
Hadist tersebut diatas menunjukkan bahwa Agama Islam mengajarkan umatnya untuk saling menyayangi sesama muslim dan kita dianggap belum beriman bila belum mencintai saudara sepenuh hati. Jadi tatkala saudara kita mendapatkan rezki, hidayah atau kebaikan maka kita akan bersukacita dengan tulus tanpa rasa iri, dengki atupun perasaan buruk lainnya. Sebaliknya tatkala saudara kita muslim tertimpa bencana maka kita wajib untuk membantunya dengan ikhlas tanpa mengharapkan balasan karena balasan terbaik hanya dating dari Allah SWT.
Dalam hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda “ Siapa yang ingin diselamatkan dari Neraka dan masuk ke dalam surga maka hendaknya kematian menjemputnya dalam keadaan ia beriman kepada Allah SWT dan hari akhir dan hendaknya ia bergaul dengan orang lain dengan sesuatu yang ia ingin mereka lakukan padanya”. ( Hadist Riwayat Muslim).
Hadist diatas menegaskan bahwa salah satu syarat masuk surga adalah bergaul dengan baik. Perlakukanlah orang lain sebagaimana kita ingin diperlakukan sebagaiman peribahasa yang diajarkan waktu kecil “Cubitlah dirimu sebelum mencubit orang lain”.
Melihat kedua hadist diatas jelas bahwa Islam mengajarkan kita untuk mencintai saudara sesama muslim bagaikan soulmate kita dan Islam juga mengajarkan etika bergaul yang baik sebagai syarat masuk surga. Wassalam.

9 komentar:

  1. indahnya suri tauladan rasul

    salam kenal

    BalasHapus
  2. Orang yang beriman seharusnya adalah orang yang mencintai orang lain dengan tanpa syarat. iman tidak terlepas dari 'action' dalam kehidupan sehari. dan Rasulullah sudah menunjukkannya.

    BalasHapus
  3. dan salah satu bergaul dengan baik adalah bergaul dengan istri/suami dengan baik dengan memenuhi semua hak dan kewajibannya. karena bagaimanapun keluarga adalah asas sebuah masyarakat yang islami..

    BalasHapus
  4. sabda Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- yang lain juga :

    خَالِقِ النَّاسَ بِخُلُقٍ حَسَنٍ

    Artinya :"dan bergaullah dengan manusia dengan akhlak yang mulia."

    ketika Aisyah -rodhiallahu 'anha- ditanya tentang akhlaq Rosulullah -sholallahu 'alaihi wasallam- beliau menjawab :"akhlaq Rosulullah adalah al-qur'an."

    BalasHapus
  5. Thanks sobat atas komentar dan sarannya. Wassalam.

    BalasHapus
  6. SubhanALLOH, begitu indah Islam menuntun hidup kita. Terus maju Sahabat- sampaikan walaupun hanya satu ayat ;)

    BalasHapus
  7. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  8. jadi kita mesti bergaul baik ya dengan orang, tapi kadang orang suka berperilaku kurang baik kepada kita

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti