Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Abdullah bin Umar, khalifah yang terkenal sebagai pembangun Bait al Maqdis, suatu hari terserang oleh suatu penyakit. Para asistennya, sangat mengkhawatirkan umur khalifah karena penyakitnya itu.

Ternyata Allah SWT belum berkenan memanggil Abdullah keharibaanNya. Khalifah berangsur-angsur pulih. Setelah agak mendingan keadaannya, Abdullah berniat hendak menyantap ikan panggang. Khalifah kemudian mengutarakan keinginannya itu kepada salah seorang asistennya.
Asisten yang setia itu, segera berusaha untuk memenuhi selera junjungannya. Ia pergi mencari ikan dan setelah mendapatkannya segera dipanggangnyalah ikan tersebut.
Abdullah bin Umar menghadapi ikan panggang yang baru saja diturunkan dari panggangannya. Aromanya begitu memikat, sehingga bertambah seleranya dan ingin segera menyantapnya.
Dalam keadaan yang siap santap itu, tiba-tiba muncul seorang musafir yang tampak sangat kelaparan. Serta merta Abdullah menyuruh pembantunya untuk segera mengangkat hidangan yang ada di hadapannya itu kepada sang musafir. Merasa jerih payahnya tidak dinikmati oleh Abdullah, asisten itu protes. Ia keberatan kalau makanan tersebut diberikan kepada musafir tadi. " Tapi ini makanan yang dengan sengaja saya buatkan untuk tuan dan sesuai dengan pesanan tuan." " Wahai, pembantuku ! Tahukah kamu bila aku memakan makanan ini, maka sebetulnya itu aku lakukan karena aku suka. Karena aku menyenanginya. Tetapi, bila musafir itu memakannya, maka itu ia lakukan karena memang ia butuh. Jadi makanan itu lebih berharga bagi dia daripada untukku. Jangan lupa, Allah SWT berfirman : " Kalian sekali - kali tidaklah memperoleh kebajikan sehingga kalian menyedekahkan apa - apa yang kalian senangi ".

(Dikutip dari Mutiara hikmah dalam 1001 kisah: 2)

17 komentar:

  1. nice posting Pak memang bijaksa bila kita makan/membeli sesuatu karena kebutuhan dan bukan karena ingin memuaskan keinginan. Salam

    BalasHapus
  2. kalau kita sudah bisa bersedekah dengan apa yang paling kita sukai adalah sebuah hal yang mulia

    BalasHapus
  3. I am first here visiting your site while I'm Glad your a post i really like to reading.. thanks sharing a nice blog

    BalasHapus
  4. Salam..semoga kita dapat mengamalkan sepertimana ni..

    teruskan berkongsi ilmu2 yang bermanafaat..terimakasih.

    :-)

    BalasHapus
  5. selamat pak ADy sekarang udah PR 3

    BalasHapus
  6. dapat pencerahan di pagi hari...

    BalasHapus
  7. salam kenal, artikel yang menarik sekali, memang susah untuk membedakan kebutuhan dan keinginan, kita harus mengerti dulu aspek - aspek yang harus dipenuhi untuk kelangsungan hidup, baru bisa membedakan kebutuhan dan keinginan.

    BalasHapus
  8. terkadang memang bila keinginan berubah menjadi kebutuhan maka banyak menyebabkan manusia tidak mampu menguasai diri.

    BalasHapus
  9. salam kenal, cerita yang sangat bagus, sehingg jelas banget perbedaan antara kebutuhan dengan keinginan

    BalasHapus
  10. keren nih..


    bgus postingan nya,,

    sip lah

    BalasHapus
  11. bersedekah lah dengan ikhlas..

    hehe

    BalasHapus
  12. Subhanallah ...
    nice posting ^^

    saya tunggu sharingnya ^^

    BalasHapus
  13. Subhanallah bagus sekali ceritanya..
    Lebih penting yang kita butuhkan dibanding yang kita inginkan..

    BalasHapus
  14. Sungguh mulia.. budi Khalifah Abdullah bin Umar.. mudah mudahan bisa ditiru oleh kita dan keturunan kita... Amin :) Peace

    BalasHapus
  15. subhanalloh perbuatan yang sangat mulia sekali. patut kita contoh nih.

    BalasHapus
  16. sungguh info yang bisa memberi pencerahan bagi kita semua. semoga info ini bisa menjadi suri teladan yang baik untuk kita ikuti.

    BalasHapus
  17. artikel yang sangat indah dan isinya sangat dalam.

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti