Keutamaan Surah Al Kahfi di hari Jumat

Surah Al Kahfi disebut juga Ashabul Kahf adalah surah ke-18 dalam Al Qur'an. Surah ini terdiri atas 110 ayat, termasuk golongan surah-surah Makkiyah. Dinamai Al-Kahf dan Ashabul Kahf yang artinya Penghuni-Penghuni Gua. Kedua nama ini diambil dari cerita yang terdapat dalam surah ini pada ayat 9 sampai dengan 26, tentang beberapa orang pemuda yang tidur dalam gua bertahun-tahun lamanya. Selain cerita tersebut, terdapat pula beberapa buah cerita dalam surat ini, yang kesemuanya mengandung pelajaran-pelajaran yang amat berguna bagi kehidupan manusia. Terdapat beberapa hadits Rasulullah SAW yang menyatakan keutamaan membaca surah ini.

Pada kesempatan ini saya akan mengingatkan kembali pada saudaraku sesama muslim tentang keutamaan membaca Surah Al Kahfi di hari Jumat. Baik itu pada malam jumat maupun hari Jumat. Membaca surat Al Kahfi adalah suatu hal yang sangat dianjurkan (mustahab) di hari Jumat karena kandungan pahala yang sangat besar sebagaimana Hadist Rasulullah SAW


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ الْعَتِيقِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada malam Jum’at, dia akan disinari cahaya antara dia dan Ka’bah.” (HR. Ad Darimi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6471)

Selanjutnya disebutkan pula dalam hadist yang lain :


مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ

“Barangsiapa yang membaca surat Al Kahfi pada hari Jum’at, dia akan disinari cahaya di antara dua Jum’at.” (HR. An Nasa’i dan Baihaqi. Syaikh Al Albani mengatakan bahwa hadits ini shohih sebagaimana dalam Shohihul Jami’ no. 6470)

Berdasarkan kedua hadist diatas maka dapat dilihat dengan jelas keutamaan membaca surah Al Kahfi baik pada malam jumat maupun pada hari Jumat. Oleh karena itu semoga kita semua dapat melaksanakan amalan tersebut seumur hidup kita. Wassalam

23 komentar:

  1. akan saya praktekkan jumat depan Pak terimakasih atas dakwahnya

    BalasHapus
  2. Trims pencerahannya sobat!

    BalasHapus
  3. al kahfi, delapan ayat di depannya dapat melindungi dari fitnah dajjal.. benarkah?

    BalasHapus
  4. terima-kasih sahabatku atas pencerahannya. Salam

    BalasHapus
  5. baru tau nih..
    saya setiap malam jum'at cuman baca surah Yassin doank.

    BalasHapus
  6. terima kasih boss atas sharingnya, akan saya coba praktekkan

    BalasHapus
  7. kayaknya harus diamalkan nich minggu depan

    BalasHapus
  8. terimakasih infonya mas, mantaf :)

    BalasHapus
  9. Sungguh beruntung bagi kita umat muslim dengan adanya satu keutamaan surat Kahfi di hari Jumat...
    Satu bonus dari-Nya yang jika kita melakukannya akan mendapatkan pahala yg lebih...

    Namun sejatinya sebagai hamba Allah yang sesungguhnya sudah selayaknya kita melakukan apapun perintah-Nya dengan hati yang tulus dan ikhlas...bukan karena mengharap iming2 bonus pahala yang akan diberikan-Nya...
    Thx

    BalasHapus
  10. terima kasih infonya sob,sangat bermanfaat bagiku

    BalasHapus
  11. jazakallah kher telah berbagi dan sama2 mengingatkan

    BalasHapus
  12. الحمد لله الذي هدانا لهذا

    BalasHapus
  13. wah nambah elmu lagi nih, mungkin mesti diamalkan

    BalasHapus
  14. terimakasih udah mengingatkan sesama muslim memang harus saling mengingatkan . .
    :)

    BalasHapus
  15. @ kakvesanti : saya ga tau bro, soalnya belum pernah baca dalilnya

    BalasHapus
  16. Kita amalkan dengan membaca surat Al Kahfi bersama keluarga!

    BalasHapus
  17. Allah Maha Pemurah dan Maha Pengampun!

    BalasHapus
  18. thanks atas pencerahan hatinya brow

    BalasHapus
  19. kunjungan Jum'at yang cerah dan bertambah cerah setelah membaca artikel sahabat. Salam

    BalasHapus
  20. senangnya berjalan ke blog ini, banyak ilmu agama yang baru saya tahu..makasih ya...moga hati ini ringan melaksanakannya..aminn..

    BalasHapus
  21. Alhamdulillah..tq 4 the reminder Iswady..

    semoga diberikan ilmu yg manafaat.

    BalasHapus
  22. ya Allah,,begitu besar pahala bagi kita,,,,saya jarang baca al-kahfi,,bagaimana keutamaan yassin, arrohman, waqiah dan al-mulk di malam jumat??
    terma kasih buat pencerahannya..

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti