Pentingnya Rasa Malu

Malu adalah akhlak seorang muslim bahkan malu merupakan pedoman Muslim dan penegak hidupnya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW yang artinya :
“ Iman itu bercabang tujuh puluh lebih atau enam puluh lebih, yang paling utama adalah kalimat Laa Ilaaha Illalah dan yang paling rendah adalah menyingkirkan rintangan dari jalanan dan malu termasuk cabang iman”. ( HR Bukhari Muslim ).
Dalam salah satu hadist yang lain Rasulullah SAW bersabda
“ Rasa malu dan iman keduanya selalu bersamaan maka jika salah satunya hilang maka hilanglah yang lain darinya” ( HR Al Hakim )
Melihat kedua hadist tersebut diatas mengingatkan kita pentingnya rasa malu bagi umat Islam. Keimanan membuat mukmin melakukan kebaikan dan meninggalkan kemaksiatan sedangkan malu mencegah manusia untuk tidak bersyukur atau mengambil sesuatu yang bukan haknya. Seorang pemalu akan mencegah dirinya dari berkata buruk, berbuat buruk dan menjaga cela dari dosa cemoohan. Sesungguhnya rasa malu itu tidaklah menimbulkan sesuatu kecuali kebaikan. Sebagaimana hadist rasulullah SAW yang artinya : “ Malu itu tidak mendatangkan kecuali kebaikan” ( HR Bukhari Muslim ).
Rasa Malu yang dimaksud disini bukanlah seperti rasa malu yang kadang salah ditempatkan. Rasa Malu tidak menghalangi umat Islam untuk maju dalam memperjuangkan haknya atau dalam membela kepentingan umat.
Pentingnya rasa malu ditekankan kepada malu berbuat kejahatan bukan rasa malu untuk maju dalam kebaikan. Bukankah waktu masih SD kita diajar pernah diajarkan peribahasa “Malu Bertanya Sesat di Jalan”.
Ibnu Mas’ud pernah memberi nasehat “Malulah kamu semua kepada Allah SWT dengan sebenar-benarnya malu, jagalah kepala dan yang ditangkapnya, perut dan apa yang dikandungnya, ingatlah kematian dan perubahannya menjadi tanda setelah kematian”. Rasulullah SAW bersabda yang artinya :
“Allah SWT lebih berhak untuk dimalui (oleh seseorang) daripada manusia lain” (HR Bukhari).
Oleh karena itu semoga rasa malu tidak hilang dalam diri kita semua sehingga kita bisa terpelihara dari berbuat dosa yang dilaknat Allah SWT. Amien.

6 komentar:

  1. Bagus nih postingannya!!
    Saya setuju, rasa malu itu memang penting n wajib dimiliki oleh setiap manusia yg beriman tentunya...
    Saya rasa mungkin sebaiknya budaya malu spt ini hrs lebih disosialisasikan lg terutama utk kalangan petinggi negri ...yg akhir2 ini banyak diantaranya tdk lg memiliki rasa malu meski telah melakukan bnyk kebohongan publik...(maaf kalo ga nyambung nih komennya...)
    akhirnya saya berharap semoga Allah menjadikan diriku sbg manusia yg memiliki rasa malu yg tinggi... dan tentu saja tidak malu-maluin....amiin!!

    BalasHapus
  2. Sipp..pencerahannya, mmg rasa malu itu senjata ampuh utk membatasi segala hal-hal yg sdh ngga pada porsinya lagi.

    BalasHapus
  3. Artikel yang sangat bagus, kita harus selalu berpikir positif dan bertingkah laku positif pula, karena Allah selalu tahu dimana kita berada, apakah kita tidak malu terhadapNya!

    BalasHapus
  4. @ all : makasih sobat telah memberi komentar.

    BalasHapus
  5. Postingan yang sangat bermanfaat, kita memang harus malu berbuat salah ...

    BalasHapus
  6. Barangkali artikel "rasa malu" berikut juga berguna bagi rekan rekan lainnya > Rasa Malu ?

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti