Manfaat ASI bagi Bayi

Air Susu Ibu atau biasa disingkat ASI merupakan karunia ALLAH SWT yang diberikan kepada ibu yang baru saja melahirkan. Karena telah diramu secara istimewa maka ASI merupakan makanan paling ideal bagi bayi yang baru lahir.
ASI mengandung minyak omega 3 asam linoleat alfa yang merupakan zat penting bagi perkembangan otak dan retina manusia khususnya bagi bayi yang baru lahir. Oleh karena itu banyak pakar kedokteran dan Farmasi yang menganjurkan untuk minum omega 3 sejak masa kehamilan.
Penelitian yang dilakukan di Universitas Bisbol mengungkapkan bahwa bayi yang mendapatkan ASI memiliki kemungkinan lebih kecil untuk menderita penyakit jantung. Hal ini disebabkan karena pengerasan pembuluh arteri dapat disebabkan oleh asam-asam lemak tak jenuh sedangkan bayi yang meminum ASI mendapatkan asupan lemak yang seimbang dengan kadar yang cukup sehingga kemungkinan pengerasan arteri yang mempengaruhi jantung.
Sebenarnya susu formula yang tersedia di pasaran saat ini memiliki kandungan yang mirip dengan Air Susu Ibu. Tapi beberapa penelitian membuktikan bahwa ASI jauh lebih baik dari susu formula. Saya kira penelitian tersebut membuktikan bahwa bagaimanapun sempurnanya buatan manusia, pasti tidak akan mampu menandingi buatan Allah SWT.
Oleh karena itu melalui blog ini saya mengajak para Ibu untuk memberikan ASI ekslusif kepada bayinya selama dua tahun. Sesuai Firman Allah SWT :
Qs.Luqman Ayat 14
وَوَصَّيْنَا الإنْسَانَ بِوَالِدَيْهِ حَمَلَتْهُ أُمُّهُ وَهْنًا عَلَى وَهْنٍ وَفِصَالُهُ فِي عَامَيْنِ أَنِ اشْكُرْ لِي وَلِوَالِدَيْكَ إِلَيَّ الْمَصِيرُ

Dan Kami perintahkan kepada manusia kepada dua orang ibu-bapanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun . Bersyukurlah kepadaKu dan kepada dua orang ibu bapakmu, hanya kepada-Kulah kembalimu
( Tulisan Qur’an karya Alm. Elin Amelia )
Demikianlah artikel kali ini, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua. Wassalam.

8 komentar:

  1. subhanallah..begitulah ASI langsung ciptaan San Pencipta..g ada yg bisa menggantikannya..

    BalasHapus
  2. tetap ASI lebih baik dari pada susu bayi bikinan manusia. eh kan susu2 yg dijual tu dibuat dari susu sapi kan sob?

    mau diciptakan susu apapun. utk bayi ASI adalah terbaik...

    BalasHapus
  3. Asi memang susu terbaik, tanpa pengawet dan tanpa biaya yang mahal..... btw link udah aku pasang yah

    BalasHapus
  4. Subhanallah, lebih baik susu manusia daripada hewan!

    BalasHapus
  5. ASI memang diperlukan untuk masa pertumbuhan,,

    BalasHapus
  6. baiknya bayi disusui selama 2 tahun dengan ASI, tapi anak sekarang baru melek aja sudah dikasih susu sapi, gmana ya??

    BalasHapus
  7. Tepat sekali sahabat, ASI jelas lebih baik !

    BalasHapus
  8. saya setuju gan, biar gimana ASI memang yg terbaik utk pertumbuhan anak. Cuman kadang2 masalahnya itu, ibu setelah melahirkan perlu segera kerja kembali, ini menjadi problem baru jika behenti kerja

    BalasHapus

Komentar Anda Sangat Berarti